NSA Memata – Matai Vatikan

 

Paus FransiskusVatikan adalah negara paling kecil di dunia yang hanya mempunyai luas kurang lebih sekitar 44 hektar. Negara ini di duga menjadi target mata-mata NSA ( Badan Keamanan Nasional Amerika Serikat ) selain juga Prancis, Jerman, Meksiko, Brazil dan sejumlah negara lainnya.

Seberapa pentingkah Pope di mata Amerika sehingga dia dimata-matai? Menurut majalah Italia Panorama, NSA diduga memata-matai Jorge Mario Bergoglio, yang kini menjadi Paus Fransiskus jelang pemilihan pengganti Paus Benediktus XVI.

 

Tanpa mengutip sumber, Panorama mengabarkan, NSA menyadap pembicaraan dari dan ke sebuah kediaman di Roma, tempat para kardinal tinggal sebelum konklaf.

 

Di antara kardinal yang tinggal di sana adalah Jorge Mario Bergoglio.

BACA:  Ayat - Ayat Mengenai Ahli Kitab

“Ada kecurigaan pembicaraan calon Paus saat itu dimonitor,” demikian ujar majalah tersebut.

Menanggapi laporan tersebut, juru bicara Vatikan, Federico Lombardi mengatakan, pihaknya tak terpengaruh dengan kabar tersebut.

“Kami tidak mengetahui hal ikhwal isu tersebut dan sama sekali tak ada kekhawatiran soal itu,” kata dia, seperti dimuat Los Angeles Times, 30 Oktober 2013.

NSA Membantah

Sementara dari Amerika Serikat, juru bicara NSA Vanee Vines (fotonya tak ada di internet) telah membantah kabar tersebut.

“Badan Keamanan Nasional tidak menargetkan Vatikan, dugaan bahwa NSA memonitor Vatikan seperti yang diberitakan Panorama tidak benar”, ujar Vanee Vines.

Laporan Panorama mengulangi tuduhan bahwa NSA telah melakukan penyadapan terhadap 46 juta panggilan telepon Italia antara Desember 2012 dan Januari 2013. Mirip dengan apa yang dilakukan pada Prancis dan Spanyol.

BACA:  Ramalan Imam Ali As Tentang Negara-Negara Arab di Akhir Zaman

Lebih spesifik lagi, Panorama menyebut, penyadapan dilakukan terkait 4 kategori:

1. Niat para calon Paus,

2. Ancaman terhadap sistem finansial,

3. Kebijakan luar negeri, dan

4. Hak asasi manusia.

Laporan Panorama juga menyebut, penyadapan NSA ada kaitannya dengan terpilihnya Ernst von Freyberg sebagai direktur Bank Vatikan.

Von Freyberg yang ditunjuk Paus Benediktus XVI ditugaskan untuk melakukan bersih-bersih, terkait skandal tudingan bank melakukan pencurian uang.

Von Freyberg terbukti pilihan kontroversial karena ia juga direktur galangan kapal Jerman, Blohm & Voss, yang membuat kapal-kapal perang AL Jerman.

Sementara, menurut dokumen yang dirilis oleh WikiLeaks, Kedutaan Besar AS di Vatikan sudah lama memantau Jorge Mario Bergoglio – menyebut namanya difavoritkan sebagai Paus menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang wafat. Namun, akhirnya konklaf memilih Benediktus.

BACA:  Bagaimana Cara Mengenali Anti-Kristus?

“Bergoglio mencontohkan kebajikan seorang pastor. Rendah hati,” demikian bocoran kawat diplomatik tersebut.

 
 

TOPIK LAINNYA

makam mak lampir asli, ciri-ciri keturunan ki ageng selo, sabdo palon adalah dajjal, harta ratu kidul, ciri-ciri keturunan jaka tingkir, kelemahan nyi blorong, asal usul grandong mak lampir, Habib al huda syekh, Ciri-ciri keturunan Syekh Subakir, ciri ciri keturunan gajah mada

JANGAN LEWATKAN