Misteri Pencairan Gletser Antartika

 

BILIKMISTERI.WEB.ID – Selama beberapa tahun terakhir air laut meningkat drastis, salah satunya disebabkan oleh pencairan gletser Lembah Es Antartika yang terus menipis selama beberapa dekade mendatang.

Para ahli geologi dari Amerika, Inggris dan Jerman menemukan bukti bahwa Pine Island Glacier (PIG) bisa saja mempercepat penipisan es.

 
Pencairan Gletser Antartika
Pencairan Gletser Antartika terjadi dengan cepat

Temuan ini menunjukkan potensi kehilangan lapisan es Antartika akan terus berlanjut selama berapa dekade. Sekitar 8000 tahun yang lalu juga terjadi peristiwa yang sama, gletser Antartika menipis secara cepat selama beberapa dekade persis seperti saat ini, sehingga temuan ini menjadi model penting untuk menganalisis prilaku yang akan terjadi dimasa mendatang. 

 

Gletser Antartika Mencair Cepat Seperti Zaman Es Akhir

Menurut penelitian, sekitar 8000 tahun yang lalu gletser menipis cepat seperti yang terjadi dalam beberapa dekade saat ini, sehingga fenomena ini memberikan model penting untuk memprediksi masa depan.

Gletser Antartika sedang mengalami masa akselerasi signifikan, menipis dan titik hulu mundur disebabkan pencairan lapisan es, peningkatan air laut yang hangat sudah menemukan jalan tersendiri dibawah lapisan es.

BACA:  Bahkan Pohonpun Menjerit Saat Kehausan

Apa yang terjadi 8000 tahun yang lalu? Analisis sebelumnya menyebutkan tren karbon dioksida dan metana pada tingkat atmosfer sudah terjadi sejak zaman es terakhir.

Tingkat karbon dioksida sekitar 11000 dan 8000 tahun lalu sangat tinggi dan kemudian secara bertahap menurun, hal ini juga sama dengan tingkat metana 5000 tahun yang lalu.

Pada waktu itu, belahan bumi lain mengalami fase pendinginan secara tiba-tiba, hal ini diperkuat dengan penemuan fosil unta yang membeku. Fase kritis terjadi 8000 tahun lalu, evolusi tidak terjadi kecuali ekologi secara tiba-tiba berubah, atau dengan kata lain kepunahan mendadak.

Tragedi ini mengisyaratkan kehidupan lain berkembang dengan cepat karena perubahan menyerang wilayah lain. Zaman es terakhir diperkirakan 11000 hingga 10000 tahun lalu, gletser besar meleleh dengan cepat. Makhluk hidup bergerak ke utara hingga 8000 tahun lalu dan sebagian besar telah punah dengan kecepatan luar biasa.

Fenomena ini hampir mirip dengan yang terjadi saat ini di Antartika, begitu pula dengan hulu gletser Greenland juga mengalami perubahan. Dan wilayah lain yang begitu kering secara tiba-tiba mulai membeku, seperti turunnya salju di Arab Saudi.

BACA:  Misteri Piramida Raksasa Mesir

Bebatuan gletser Antartika

Diperkirakan selama dua dekade Antartika telah kehilangan lapisan es secara cepat, kekhawatiran yang timbul atas wilayah lapisan es lain mungkin juga akan menghilang dimasa mendatang.

Model proyeksi masa depan gletser Antartika di pulau Pine memiliki ketidakpastian, ada banyak pertanyaan yang belum terjawab sehingga harus menghabiskan waktu dan ketekunan dalam menganalisa kenaikan permukaan air laut dimasa depan.

Penipisan gletser memberikan bukti perubahan lapisan es masa lalu sehingga membantu ilmuwan untuk memprediksi kemungkinan perubahan selanjutnya.

Tim ahli geologi menggunakan teknik penanggalan yang sangat sensitif untuk melacak penipisan gletser Antartika khususnya pulau Pine, dimana hasilnya menunjukkan penipisan lapisan es terakhir juga telah berlangsung selama beberapa dekade sekitar 8000 tahun yang lalu.

BACA:  Astronom Mengklaim Telah Menemukan Dua Planet Asing

Menurut Joanne Johnson dari British Antartic Survey (BAS), data yang mereka peroleh menggambarkan sejarah gletser Antartika di pulau Pine secara lebih rinci daripada sebelumnya.

Fakta yang diperoleh menandakan penipisan begitu cepat dimasa lalu dan seberapa sensitif pengaruhnya terhadap perubahan lingkungan.

Perubahan kecil bisa saja mengahasilkan situasi dramatis dan bertahan lama, mungkin Antartika kehilangan es dalam jangka waktu yang lebih lama lagi.

Profesor Mike Bentley, dari Durham University mengatakan bahwa analisis tersebut merupakan bagian dari berbagai upaya ilmiah internasional untuk memahami perilaku gletser Antartika.

Hal ini penting, tim ilmuwan menghabiskan sampel batuan pegunungan Antartika dan memakan waktu ketika menganalisis di laboratorium.

Tetapi hasilnya sangat jelas menunjukkan bahwa penipisan gletser sangat mendadak juga terjadi 8000 tahun yang lalu, sama seperti yang terjadi saat ini.

 
 

TOPIK LAINNYA

lebih sakti mana Siliwangi atau angling dharma, ciri ciri keturunan pangeran cakrabuana, kondpirasi indocropcirvle, ciri ciri keturunan genghis khan, Pengapesan buto ijo, Prabu siliwangi vs angling darma, pernikahan bocah angon, ciri-ciri satrio piningit menurut anak indigo, Cara menjadi murid Sang Hyang Nur Cahyaning Nirwana, ciri keturunan batoro katong

JANGAN LEWATKAN