Misteri Adanya Lithium dan Opium Terbesar Sejagat di Afganistan

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

BILIKMISTERI.WEB.ID ~ Amerika Serikat menemukan wilayah-wilayah luas di Afghanistan yang mengandung Lithium terbesar di planet bumi yang bernilai paling tidak satu trilyun dollar AS! Selain itu, Afghanistan adalah negara penghasil tanaman Opium terbesar sejagat yang sangat berguna dalam bidang farmasi dan medis untuk keperluan dunia.

misteri-adanya-lithium-dan-opium-terbesar-sejagat-di-afganistanDengan keuntungan yang sangat besar, maka AS dan sekutunya pasti akan menguras habis kekayaan Afghanistan yang rakyatnya sangat miskin dengan kedok memerangi Al-Qaeda dan Taliban.

Plot yang sama oleh pihak barat terhadap Indonesia pada masa lalu, ketika Orde Baru berkuasa, semua tambang dikuasai pihak barat dan kekayaan Indonesia dikeruk habis-habisan selama puluhan tahun lamanya dan tak pernah mensejahterakan rakyatnya.

Kekayaan mineral kawasan Afghanistan sudah diketahui sejak lama. Namun penelitian beberapa tahun terakhir ini menunjukan, ternyata kekayaan bumi Afghanistan jauh lebih besar daripada yang diduga sebelumnya.

Komandan Komando Pusat Amerika Serikat Jendral David H Petraeus yang dikutip oleh harian The New York Times, mengatakan bahwa potensi yang dimiliki Afghanistan sangat mengagumkan.


Diperkirakan, sumber alam itu adalah baja, tembaga, kobalt, emas dan sejumlah mineral lainnya sedikitnya bernilai 908$ milyar dolar AS!

Kolonel Dave Lapan mengatakan nilai itu belum termasuk sumber-sumber lithium, minyak bumi dan cadangan gas bumi yang ada. Menurut Lapan, penelitian yang dilakukan lembaga survei geologi Amerika Serikat, USGS, merupakan bagian dari upaya AS merancang bantuan bagi Afghanistan untuk membangun sektor industrinya.

Para penasihat asing itu ingin menginformasikan bahwa Kementrian Pertambangan Afghanistan akan menggunakan prosedur dan akutansi transparan yang diakui secara internasional.

Juru bicara Kementerian Pertambangan Afghanistan, Jawad mengatakan, bahwa sumber alam Afghanistan akan berperan besar dalam mengembangkan ekonomi Afghanistan.

Kementrian Luar Negeri AS menyebutkan, akan butuh bertahun-tahun untuk mengembangkan industri pertambangan Afghanistan.

Disebutkan juga, perlu ada rencana agar bisa secara efektif menjamin bahwa hasil kekayaan bumi itu tidak hanya dinikmati kaum elit dan kaya di Afghanistan. Tapi perang AS di Afghanistan dengan alasan memerangi Al-Qaeda dan Taliban sudah terjadi belasan tahun lamanya.

Lalu mana buktinya bahwa bahan-bahan tambang itu dapat mensejahterakan rakyatnya, walau Presiden Afghanistan Hamid Karzai sudah mengatakan bahwa sumber alam yang dimiliki Afghanistan akan sangat membantu mengatasi kemiskinan?

Bersambung

BACA JUGA:  Munculnya Patung Lembu Suro


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *