Misteri Kekuatan Militer Indonesia

BILIKMISTERI.WEB.ID – Kekuatan militer Indonesia pada beberapa tahun terakhir memang penuh misteri. Tidak ada data yang benar-benar bisa memastikan secara ril berapa kekuatan militer kita. Yang ada hanyalah data yang sebagian besar masih menggunakan parameter lama untuk menilai peta kekuatan militer Indonesia.

Indonesia adalah salah satu dari negara besar yang ada di dunia. Sejak dahulu, Indonesia terkenal dengan kemampuan militernya. Mulai dari alutsista (alat utama sistem persenjataan) yang modern hingga yang paling terkenal, pasukan khususnya yang melegenda.

Kekuatan Militer Negara Indonesia
Kekuatan Militer Negara Indonesia

Semua itu merupakan hasil dari kerja keras para pendahulu kita sehingga akhirnya, Indonesia dapat dikenal di kancah dunia, terutama dari segi kekuatan militernya yang dianggap sangat kuat, penuh misteri dan masih sulit untuk “diraba”.

Berdasarkan data yang dimiliki Global Fire Power – situs yang membahas kekuatan militer dunia, tahun 2014 ini kekuatan militer Indonesia berada di peringkat 19 di atas semua negara – negara di Asia Tenggara.

Peringkat Indonesia bahkan berada di atas Australia yang mentok di posisi 20. Itu merupakan pencapaian luar biasa yang dimiliki Indonesia. Analisis yang dilakukan oleh situs ini menggambarkan peta kekuatan militer dari sebuah negara. Analisis ini tidak berdasarkan dengan opini tapi berdasarkan data yang kredibel.


Tetapi, dengan berada pada peringkat tersebut, tidak berarti permiliteran Indonesia hanya stuck di situ saja. Kekuatan militer Indonesia tetap meningkat dan mengalami sejumlah pembaharuan, seperti hadirnya 16 pesawat tempur T-50i sebagai 1 skadron TNI AU–melengkapi 24 F-16, 16 Super Tucano yang akan masuk ke formasi TNI pada tahun 2018.

BACA JUGA:  Apakah Naga Nyata Atau Hanya Sekedar Legenda?
Kekuatan Militer dari TNI AU Indonesia
Kekuatan Militer dari TNI AU Indonesia

TNI AU juga, menurut Presiden SBY akan mendapatkan 9 CN-235, 9 C-130, sejumlah helikopter dan pesawat latih baru, serta pesawat terbang tanpa awak. Ini merupakan suatu hal yang sangat membanggakan di kemiliteran Indonesia.

Negara lain pun sering mengkhawatirkan dengan modernisasi dan peningkatan kekuatan militer Indonesia. Bahkan, negara sahabatpun dibuat pusing dengan kemajuan militer Indonesia. Tetapi menurut SBY, modernisasi dan peningkatan kekuatan militer ini dilakukan agar Indonesia mampu melakukan operasi gabungan dengan negara lain dan tidak perlu terlalu dikhawatirkan.

Barisan Pasukan Tank TNI AD Indonesia
Barisan Pasukan Tank TNI AD Indonesia

Ini merupakan bukti ketakutan dari negara lain yang menganggap Indonesia merupakan ancaman yang berat jika kekuatan militernya ditingkatkan. Salah satu negara sahabat yang khawatir dengan berkembangnya kekuatan militer Indonesia adalah Malaysia.

Berdasarkan Global Fire Power, kekuatan militer Indonesia jauh lebih unggul dibandingkan Malaysia yang berada di peringkat 33. Kekuatan perang Malaysia terbantu oleh aliansi dengan beberapa negara seperti Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Singapura.

Kopasus; Pasukan Elit Indonesia

Selain dari alutsistanya, Indonesia merupakan suatu negara yang ditakuti karena terkenal memiliki pasukan elit yang sangat luar biasa. Discovery Channel Military edisi Tahun 2008 menyiarkan pasukan elit terbaik dunia. Pasukan-pasukan elit dari seluruh dunia diukur kemampuannya dari performa dan keahliannya (bukan dari teknologi militernya).

BACA JUGA:  Misteri Istana Cleopatra di Dasar Laut Kian Terkuak
Kopasus - Pasukan Elit Indonesia Diakui Dunia
Kopasus – Pasukan Elit Indonesia Nomor 3 Dunia

Hasilnya, Kopassus (Komando Pasukan Khusus) masuk di peringkat ketiga di bawah SAS dari Inggris dan MOSSAD dari Israel. Sedangkan pasukan elit Amerika Serikat yang menempati peringkat pertama di situs Global Fire Power tidak menempatkan salah satupun wakilnya.

Hal ini disebabkan pasukan elit Amerika Serikat lebih mengandalkan teknologi ketimbang skill dan kemampuan dari pasukan itu sendiri, termasuk didalamnya kemampuan bela diri, bertahan hidup, kamuflase, strategi, daya tahan, gerilya, membuat perangkap, dan lainnya.

Berbagai prestasi yang pernah diraih oleh Kopassus yang sangat dikenal oleh dunia adalah:

  • KOPASSUS juara satu sniper dalam pertemuan Pasukan Elite Asia Pasific Desember 2006. Dengan hanya mengandalkan senjata buatan Pindad. Nomor 2-nya SAS Australia.
  • KOPASSUS menempati urutan 2 (dari 35) dalam hal keberhasilan dan kesuksesan operasi militer (intelijen – pergerakan – penyusupan – penindakan) pada pertemuan Elite Forces in Tactical, Deployment, and Assault di Wina Austria. Nomor satunya Delta Force USA.
  • Negara-negara Afrika Utara hingga Barat sekarang memiliki acuan teknik pembentukan dan pelatihan pasukan elite mereka. 80% pelatih mereka dari perwira-perwira KOPASSUS.
  • Pasukan Paspampres Kamboja adalah pasukan Elit yang di latih oleh KOPASSUS.
  • Pada perang Vietnam, para tentara Vietkong meniru strategy KOPASSUS dalam berperang melawan Amerika Serikat yang mengakibatkan kekalahan Pasukan Amerika yang mempunyai persenjatan canggih dan lengkap. Kekalahan ini membuat Amerika serikat malu di mata dunia.
  • KOPASSUS terlibat dalam operasi pembebasan sandera dalam pesawat Garuda Airline Woyla pada tahun 1981. Pembebasan dianggap sebagai pembebasan terbaik sepanjang sejarah karena memiliki waktu pembebasan tercepat dan terbukti sangat efektif.
  • Tim Indonesia (KOPASSUS, WANADRI, MAPALA UI, dan FPTI) mendaki puncak Gunung Everest dan berhasil menjejaki kakinya di puncak tertinggi dunia itu di tahun 1997. Pendakian tersebut pun menjadikan Negara Indonesia sebagai negara pertama di Asia Tenggara yang menjejaki puncak Gunung Everest.
BACA JUGA:  Misteri Area Mirip Segitiga Bermuda Dekat Rute MH370

Prestasi di atas merupakan yang sangat dikenal oleh dunia. Prestasi pun sampai sekarang masih terus berlanjut. Begitulah kondisi terakhir dunia militer Indonesia yang bisa kita anggap sebagai salah satu negara dengan kemampuan militer yang super power.

Barisan Pasukan Marinir TNI AL Indonesia
Barisan Pasukan Marinir TNI AL Indonesia

Indonesia merupakan sebuah negara yang tidak bisa dianggap remeh walaupun akhir – akhir ini sering kelihatan lemah di mata negara lain. Tetapi percayalah, jangan sampai membangunkan macan yang sedang tertidur. Menurut beberapa sumber rahasia, kekuatan militer Indonesia sebenarnya “lebih dahsyat” dari data yang dilansir oleh situs Global Firepower (GFP) tersebut.

Ada 1 TANGGAPAN untuk “Misteri Kekuatan Militer Indonesia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *