Asal-Usul Batu Mustika Mirah Delima

BILIKMISTERI.WEB.ID – Di balik kehebohan perburuan batu mustika mirah delima (mustika merah delima), sebenarnya ada sebuah misteri yang belum terpecahkan hingga kini, yakni dari mana sebenarnya asal usul baru mustika mirah delima tersebut. Terkait hal ini, ada banyak versi pendapat yang berkembang.

Menurut MT Arifin, seorang pengamat benda-benda khusus seperti ini,  batu Mustika Mirah Delima adalah penjelmaan bangsa jin, karena selain penanganannya yang begitu khusus, wadahnya pun harus khusus yang wujudnya mirip kepompong. Karena tanpa wadah itu, Mustika Mirah Delima akan menghilang dengan sendirinya.

Batu Mustika Mirah Delima
Batu Mustika Mirah Delima

Lain lagi menurut Soelung Loedhaya, spritualis yang berasal dari Bali. Ia meyakini bahwa batu Mustika Mirah Delima bukan batu dari alam ghaib, tetapi batu yang mempunyai kekutan ghaib.

Sementara itu, spiritualis RM Wisnu Agung Putra Diponegoro mengatakan bahwa batu Mustika Mirah Delima ini berasal dari buah delima yang berwarna merah, tetapi buah ini sangat sulit didapati. Tidak semua biji delima merah bisa dijadikan Mustika Mirah Delima, yang memiliki kekuatan ghaib. Karenanya untuk bisa mendapatkanya harus memilih.

BACA JUGA:  Misteri Keampuhan Mustika Merah Delima

Menurutnya, batu Mustika Mirah Delima asli ini hanya dimiliki oleh raja-raja pada jaman dahulu. Misalnya Prabu Air Langga, Gajahmada, dan Joko Tingkir. “Jadi kalau sekarang masih ada yang mengaku punya Mustika Mirah Delima, berarti itu adalah batu mirah rubbi yg dikatakan RM Wisnu Agung Putra Diponegoro”, simpulnya.


Dibalik pesonanya yang sangat indah, asal muasal batu mustika Mirah Delima ini memang terus menuai kontroversi di sana-sini. Sejumlah pengamat spiritual dan kebatinan malah saling bersilang pendapat.

Spiritualis asal Surabaya, Gus Simon berkesimpulan bahwa Mustika Mirah Delima sebenarnya berasal dari legenda Nabi Sulaiman yang mendapatkan batu langsung dari Allah SWT. Beliau kemudian memberikan batu tersebut kepada seorang istri yang sangat di cintainya, Ratu Balqis.

Namun karena tidak cocok, kemudian batu itu menghilang ketika beliau berlayar. Dari situlah banyak orang mencarinya sebab dipercaya batu Sulaiman tersebut dapat meningkatkan kewibawaan. Cara mendapatkanya pun tidak dengan jual beli, tetapi hanya dihibahkan.

Mustika Mirah Delima Berasal dari Pertambangan Mogok – Myanmar

Tidak begitu jelas kapan tambang Mogok ini ditemukan. Demikian tentang juga dengan merah delima atau batu ruby. Tak banyak yang tahu. Namun berdasar legenda masyarakat setempat, penemuan batu mulia ini telah ada sejak jaman Budha berjalan di atas bumi. Kisahnya adalah sebagai berikut:

Dahulu Kawasan Mogok adalah kawasan hutan belantara dan dihuni oleh burung-burung liar. Ketika itu, seekor burung elang terbesar yang pernah hidup di bumi, tengah berburu makan. Setelah mendapatkan buruanya, daging langsung di cabik-cabik oleh kuku-kuku tajam elang.

Bersamaan itu tercabik pula sebuah batu keramat besar yang berada di puncak bukit. Tak sadar, batu itu bercampur dengan darah dan bercampur daging dan ikut termakan. Karena tdk bisa menelan, batu itu dibuang bersama darah segar yang masih menyelimutinya. Itulah batu merah delima atau batu rubi pertama kali muncul di dunia.

Sejak itu, masyarakat Myanmar percaya, bahwa batu merah delima itu bisa ditemukan di sarang-sarang elang. Hal ini didasari oleh fakta bahwa, burung elang memang punya kebiasaan makan daging yang masih berdarah. Konon juga, sebenarnya batu itu adalah bukan batu, tapi benar-benar darah yang telah membatu. Itu sebabnya banyak orang percaya, bila batu ini dimasukan kedalam air, air itu akan berwarna merah.

Tapi seiring dengan berjalanya waktu, manusia tdk mungkin mengintip satu persatu sarang elang. Mereka sadar, bahwa batu itu adalah bongkahan yang terselimuti tanah dan lumpur. Eksplorasi besar besaran baru dilakukan pada abad ke-6 Masehi. Saat itu berhasil menemukan bongkahan batu merah delima atau batu ruby yang diyakini terbesar di dunia. Beratnya mencapai 32Kg.

Abad ke-15 dengan rakusnya bangsa barat menguasai desa Mogok, dengan (memanfaatkan kelemahan raja Burma. Meski telah mati-matian mencari, hingga sekarang belum pernah menemukan batu yang demikian besar untuk dibanggakan. Tak mengherankan bila batu ini mempunyai nilai jual yang selangit, karena tdk tersedia dlm jumlah besar dan sangat sulit mencarinya.Atau bahkan tidak ada sama sekali.

Jadi kalau ada yang mengaku punya Mustika Mirah Delima asli, dan menawarkan harga yang “wah”, harap berhati-hati karena walau Anda sanggup membeli, tapi belum tentu Mustika Mirah Delima itu cocok dengan Anda.

BACA JUGA:  North Sentinel Island, Pulau Paling Berbahaya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *