Misteri Keberadaan Dewi Kidul

BILIKMISTERI.WEB.ID – Setelah sebelumnya kita membahas mengenai keberadaan dewi planet, yang merupakan adik pertama dari ratu Balqis. Maka Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai adik kedua dari ratu Balqis yakni Dewi Naga Selatan atau Dewi Kidul.

Dewi Sekarwati Mara
Dewi Sekarwati Mara

Saudara yang ke dua dari Ratu Bulqis adalah Dewi Kidul (Naga Selatan). Dewi Kidul atau Penguasa laut Selatan memiliki daerah kekuasaan mulai dari Asia sampai Timur Tengah dan Afrika Selatan. Termasuk juga Samudera Hindia dan laut Laut merah.

Di wilayah Indonesia, Dewi Naga Selatan memiliki istana di kawasan Cilacap Istananya bernama Puser Bumi yang menjadi tempat berkumpulnya semua bangsa jin dari seluruh bangsa jin yang ada di alam.

Entah bagaimana caranya, yang jelas mahkluk bangsa jin ini telah mempersiapkan pasukannya yang kini dikumpulkan di Gunung Selok, di daerah Cilacap. Persiapan tersebut dalam rangkah memberikan bantuan kepada keturunan Dewi Kidul atau Dewi Naga Selatan dari bangsa manusia.

Dewi Kidul  memiliki nama lain yaitu . Dewi Naga Selatan atau Dewi Sekarwati Mara, memiliki tiga orang putri.


Mereka adalah Rara Blorong, Rara Panas, dan Rara Ningrum. Setiap putrinya memiliki daerah kekuasaan masing-masing.

Rara Blorong menguasai wilayah sebagian Jawa Tengah, Pantai Utara, Pulau Bali, Thailand, India dan Mesir itu juga sebagian saja dan juga menguasai tidak jauh dari Samudra Atlantik.

Rara Panas menguasai sebagian wilayah Jawa Tengah, Jawa Barat, Semenanjung Malaya, Laut Merah, Laut Mati, dan Jabal Qubeis di Arab Saudi. Rara Ningrum menguasai wilayah Jawa Timur.

BACA JUGA:  Misteri Pertempuran Jin Laut Merah Dengan Jin Pantai Selatan

Rara Blorong adalah tokoh sakti yang menguasai dunia gaib dalam ilmu kesaktian beraliran hitam. Rara Blorong memiliki anak kembar laki-laki yakni Alpan dan Alpin yang juga membantu ibunya dalam menjalankan dan mengawasi daerah kekuasaannya.

Rara Panas adalah tokoh legendaris. Ia tergolong sebagai Dewi yang memiliki ilmu kebijaksanaan dan welas asih. Ia memiliki dua orang anak yakni Putri Andini Naga Hijau Kencana Rara Sati dan Putri Suci Rahayu.

Putri Suci Rahayu dan Ibunya Rara Panas (Roro Kidul) sekarang bersemayam di Cilacap tepatnya di Gunung Selok (Puser Bumi).

Rara Ningrum memiliki dua orang putri yakni Bayung Kencana Sari dan Layung Kencana Sari. Tidak banyak yang dapat diceritakan dari Rara Ningrum dan kedua putrinya ini. Rara Ningrum menguasai wilayah Jawa Timur saja.

Adapun ketokohan Dewi Kidul adalah Dewi yang menguasai dunia gaib. Di Samudra Hindia pada masa silam dimana ada seorang Raja India pertama mempunyai seorang putra.

Dan putra tersebut merupakan anak ciptaan dari Dewa Ismaya. Anak itu bernama Sang Sidharta Gauthama dan juga merupakan anak angkat dari Dewi Kidul.

Saat itu, Dewa Ismaya menitipkan anak tersebut kepada bibinya agar dijadikan sebagai anak angkatnya.

Pada masa selanjutnya raja-raja yang ada dikepulauan Nusantara adalah buatan dari Dewi Kidul, Dewi Naga Selatan atau Dewi Sekarwati Mara.

BACA JUGA:  Misteri Dibalik Kecantikan Nyi Roro Kidul

Pada masa abad ke 1 Masehi hingga abad 12 Masehi, rakyat dan kerajaan Kepulauan di Nusantara, didatangi oleh pengikut si Dharta Gauthama, atas perintah Dewi Sekarwati Mara dan Dewa Semar yang datang lewat mimpi.

Pada saat itu rakyat dan kerajaan di Nusantara masih menganut agama Budha. Kedatangan Semar dan Dewi Sekarmara untuk kedua kalinya dengan membawa ajaran Hindu.

Perkembangan agama ini menyebar dengan sangat cepat dan melebihi perkembangan agama Budha.

Pada abad ke 14 dimana yakni di Zaman pemerintahan kerajaan Demak yang dipimpin oleh Raja Islam pertama Raden Fatah, menggeser kekuasaan dan pengaruh agama Hindu dan Budha sekaligus.

Pada masa ini kekuatan kerajaan Demak didukung oleh tokoh legendaris penyebar agama islam yakni Sembilan Wali atau Wali Songo.

Kisahnya bermula dari pertemuan antara salah satu wali sakti bernama Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Pertemuan itu membicarakan masalah pengislaman rakyat di sekitar kawasan Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Namun niat itu dihalangi oleh penguasa gaib Ratu Kidul atau Dewi Sekarwati Mara. Merekapun akhirnya berperang di istana Ratu Kidul, puser bumi di cilacap.

Setelah perang selama 2 pekan, akhirnya sang Dewi mengakui kalah di hadapan Sunan Gunung Jati yang dibantu oleh Sunan Kalijaga. Selain mengijinkan pengislaman wilayah itu, Sunan Gunung Jati melakukan perjanjian dengan Ratu Kidul.

Perjanjian itu menyatakan bahwa keturunan Dewi Naga Selatan akan selalu memberikan bantuan kepada keturunan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati.


Ada 1 TANGGAPAN untuk “Misteri Keberadaan Dewi Kidul

  1. Positif aja kita baca, ambil yg baik, buang gg buruk. Sekedar wacana. Semoga ada cerita lain yg lebih bagus atau cerita selanjut nya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *